BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Indonesia merupakan Negara yang sangat
kaya raya dibidang sumber alam.Kekayaan alam ini perlu digali dan dimanfaatkan
untuk kesejahteraan Bangsa karena itu perlu pengenalan dan pemberian kesempatan
untuk mengeksplor alam dan kekayaanya sejak dini.
Sesuai dengan
perkembanganya,rasa ingin tau anak usia dini sangat tinggi,rasa ingin tau
tersebut perlu difasilitasi oleh orang dewasa sehingga akan mendatangkan
manfaat bagi dirinya dan masyaraakat sekitarnya.Pentingnya kesadaran Lingkungan
pada Anak Usia Dini dapat disampaikan melalui pendidikan yang berhubungan
dengan lingkungan dan alam sekitar,lingkungan kami yang berada di daerah Kabupaten Tulang Bawang Propinsi Lampung Yang
rata-rata mayoritas penduduknya adalah sebagai
petani perkebunan baik itu karet,kelapa sawit,lada dan juga pisang memungkinkan
kami untuk lebih banyak memanfaatkan lingkungan sebagai sumber pembelajaran
kami. Untuk dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan pada anak-anak,
salah satunya adalah dengan mengunakan alat permainan
Suatu kegiatan yang sangat
digemari oleh anak – anak usia dini (PAUD) adalah kegiatan permainan.
Walaupun kegiatan ini dapat
dilakukan tanpa menggunakan alat permainan,tetapi hampir semua kegiatan bermain
justru menggunakan alat permainan.alat permainan yang digunakan beraneka macam
dan fungsi masing-masing .
Dari aneka ragam alat
permainan itu ada yang sengaja di buat pabrik
missal,boneka,mobil-mobilan,dll.tetapi ada juga permainan yang alatnya
disiapkan sendiri dari bahan-bahan di lingkungan sekitar anak,seperti mainan dari
kulit jeruk,pelepah pisang,daun-daunan kering,ranting-ranting,maupun
dahan-dahan kecil yang dapat dijadikan sebagai alat untuk bermain,misalnya
digunakan untuk membentuk ataupun berkreasi dan enghasilkan karya yang
bagus,bagus atau tidaknya tidak menjadi masalah.yang penting adalah terjadinya
proses di dalam diri anak bahwa dia bisa berkarya dan dapat yakin akan
kemampuan karyanya.
Untuk itulah dalam rangka
mencapai hasil pendidikan yang baik,Alat Permainan Edukatif merupakan sarana
pendidikan yang memegang peranan sangat
penting.tanpa Alat Permainan Edukatif yang memadai Pendidikan Anak Usia Dini
tidak akan berfungsi sebagai tempat pendidikan yang baik,APE yang sesuai dengan
perkembangan anak akan memberikan perasaan senang dan aman serta merangsang
Imajinasi anak,daya pikir serta daya ciptan anak untuk melakukan kegiatan
sehingga anak merasa betah berada di lingkungan kelas tempat dia belajar.Selain
itu program Pendidikan dan pengembanga Anak Usia Dini,adalah pendidikan yang
ditujukan bagi anak sejak usia 0 tahun sampai dengan usia 6 tahun,yang
diselenggarakan pada jalur pendidikan non formal dalam bentuk kelompok Bermain.
B.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan Latar Belakang
dan pentingnya pembelajaran kesadaran lingkungan bagi anak usia dini maka
permasalahan yang di angkat dalam karya tulis ini adalah :
“Bagaimana menumbuhkan
kesadaran lingkungan pada anak usia dini dan bagaimanakah peran pendidik untuk
dapat membuat alat permainan Edukatif berbasis lingkungan yang dapat
memaanfaatkan sumber kekayaan alam yang ada di lingkungan sekitar untuk anak
usia dini yang menyenagkan dan menginspirasi anak-anak untuk dapat lebih aktif
dan kreatif “
Dengan dasar pemikiran
tersebut,maka akan kami ciptakan sebuah alat permainan yang akan kami bari nama “Kereta
Pintar”
C. TUJUAN
Tujuan pembuatan Alat
Permainan Edukatif berbasis lingkungan
1. Tujuan Umum
Memberikan panduan kepada
Orang tua,pengasuh atau perawat,guru,dan penyelenggara Pendidikan Anak Usia
Dini tentang cara pembuatan APE berbasis lingkungan untuk anak usia 3 – 5 tahun
dalam membantu anak dapat berkembang secara optimal.
- Tujuan Khusus
Dengan Pembelajaran
pembuatan APE berbasis lingkungan pada anak usia dini diharapkan orang
tua,Pengasuh atau Perawat,guru dan penyelenggara Pendidikan anak usia dini
dapat :
v Mengetahui Perkembangan
Anak Usia 3-5 tahun
v Mengetahui Stimulasi yang
harus diberikan kepada Anak usia 3 - 5 tahun
v Dapat memilih APE yang
sesui dengan keinginanya.
v Dapat Membuat dan
Menggunakan APE dan peralatan atau bahan yang sudah tidak terpakai lagi dan
mudah didapat disekitar kita.
D. DASAR HUKUM
Peraturan Menteri
pendidikan Nasional Ripublik Indonesia Nomor yang menyatakan bahwa “ Pendidikan Anak Usia
Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak
lahir sampai dengan usia enam tahun yang
dilakukan dengan memberikan rangsangan
pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak baik psikis dan fisik yang
meliputi moral dan agama social,emosional,kemandirian,kognitif,bahasa,fisik/motorik,dan
seni untuk siap memasuki sekolah pada jenjang selanjutnya “.
BAB II
PEMBUATAN
ALAT PERMAINAN EDUKATIF KERETA PINTAR
BERBASIS
LINGKUNGAN
A. PENGERTIAN
DAN RUANG LINGKUP
1.
Pengertian
Kesadaran Lingkungan
Kesadaran lingkungan adalah
perilaku kepedulian terhadap lingkungan disekitar kita dengan cara
merawat,menjaga dan memanfaatkanya.
2.
Pengertian
Alat Permainan Edukatif ( APE )
v APE ( Alat Permainan
Edukatif ) adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain
yang mengandung nilai edukatif (Pendidikan) dan dapat digunakan untuk
mengembangkan seluruh kemampuan anak.
v APE ( Alat Permainan
Edukatif ) KERETA PINTAR adalah sebuah model pembelajaran yang multi guna yang
berbeda dari karya karya lainya semisal mobil pintar,pesawat pintar,kapal
pintar dll,karena dalam APE KERETA PINTAR yang terdiri dari 1 lokomotif dan 4
gerbong seorang Tutor,Pengasuh/Perawat,Guru atau Penyelenggara pendidikan Anak
Usia Dini dapat langsung menerapkan 6 aspek pembelajaran sekaligus dan juga
menerapkan 8 kecerdasan dasar secara
berkesinambungan dengan menggunakan satu alat permainan yaitu KERETA PINTAR.
3.
Ruang
Lingkup
Penggunaan APE KERETA
PINTAR sebagai strategi alternative kegiatan belajar mengajar pada Pendidikan
Anak Usia Dini untuk mengajarkan anak tentang kasedaran terhadap lingkungan meliputi
proses pembuatan dan pemanfaatanya,yang dituangkan dalam penyusunan,penyajian
dan penilaian.
B. RANCANGAN
PEMBUATAN APE KERETA PINTAR
Langkah pembuatan APE
KERETA PINTAR berbasis Lingkungan Untuk Anak Usia Dini dapat di lihat dalam
bangan di bawah ini.
Prosedur Pembuatan APE
KERETA PINTAR dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a.
Guru
mempelajari dan menguasai rencana Program mengenai kemampuan yang harus dicapai
oleh anak ,
b.
Lakukan
ananlisis Program dengan Maksut mengetahui hubungan antara kemampuan yang akan
dicapai anak dengan jenis kegiatan yang akan dilakukan dan juga sarana yang
akan diperlukan.
c.
Inventarisasi
terlebih dahulu sarana alat permainan yang sudah ada atau dimiliki
d.
Periksa
kelengkapan jenis dan jumlah yang diperlukan
e.
Periksa
fungsi alat,apakah masih baik atau sudah tidak layak lagi.
f.
Mengidntifikasi
kebutuhan sarana ang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran
g.
Merencanakan
pembuatan APE
h.
Melaksanakan
pembuatan APE.
C. IDENTIFIKASI
KEBUTUHAN APE
Salah satu Tema
pembelajaran di PAUD (kober) adalah Alat Tranportasi untuk pemenuhan kebutuhan
bahan ajar penunjang di pembelajaran tema tersebut diperlukan sebuah media atau
alat peraga yang mampu mendukung berhasilnya proses pembelajaran tersebut
,disamping itu keberadaan kami yang ada di pelosok yaitu di Kabupaten tulang
bawang yang secara geografis merupakan kabupaten yang tidak terlewati lintasan
kereta api sehingga pengenalan alat transportasi selama ini hanya lewat gambar
atau media elektronik saja,begitu jauhnya jarak tempuh untuk dapat melihat
secara nyata bentuk kereta api mengilhami terbentuknya sebuah alat permainan
KERETA PINTAR.selain dari pada itu Pemanfaatan sumber daya alam yang begitu
melimpah di lingkungan tempat kami berada melengkapi pemanfaatan hasil dari
lingkungan sebagai media dalam pembuatan APE KERETA PINTAR ini.
D. RENCANA
PENGADAAN APE
Rencana Pengadaan APE
KERETA PINTAR berbasis lingkungan memungkinkan kita untuk dapat memanfaatkan
limbah-limbah atau barang bekas yang ada disekitar kita menjadi sesuatu yang
berguna terutama bagi pendidikan anak usia dini.dan dengan diadakanya
pembelajaran dengan media berbasis lingkungan kiranya dapat mendorong aktifitas
bermain yang berkualitas dan munculnya bakat serta karakter yang dimiliki anak.
Rencana Pengadaan APE
KERETA PINTAR tentunya efektif dan efisien karena ;
·
Tepat
Guna
Keberadaan kami yang berada
di sebuah areal perkebunan yang mayoritas penduduknya adalah petani,sehingga
banyak sekali bahan-bahan dari lingkungan yang dapat digunakan sebagai media
pembelajaran,selain dari pada itu kereta pintar di rancang sesuai dengan
tujuan,fungsi,dan sarana pembelajaran yang dibutuhkan sehingga akan menjadi
Media Pembelajaran yang tepat guna
·
Murah
APE KERETA PINTAR adalah
sebuah media Pembelajaran yang dibuat dengan biaya yang murah dan terjangkau
,begitu juga jika karya ini dipublikasikan akan menjadi unit cost yang murah,selain
murah alat pembelajaran ini juga Multi guna,walaupun ditujuksn untuk tujusn
tertentu tidak menutup kemungkinan digunakan untuk pengembangan kepentingan
lainya.
·
Dapat
di Duplikasi
APE KERETA PINTAR dapat di
duplikasi dan berlaku untuk dikembangkan di tempat lain sesuai dengan kondisi
alam dan lingkungan yang ada
·
Friendly
APE KERETA PINTAR mudah
digunakan dan dapat di operasikan tanpa tergantung pada sesuatu yang
menyulitkan baik itu secara individual,kelompok maupun klasikal.
E. PEMBUATAN
APE KERETA PINTAR
Kemampuan menciptakan karya
yang orisinil berupa alat permainan edukatif sangat diperlukan karena guru
adalah pemegang kendali dalam kegiatan pendidikan anak usia dini dan dengan
alat permainan edukatif yang memadailah pengembangan aspek kemampuan anak usia
dini akan cepat berkembang
Adapun pembuatan APE KERETA
PINTAR yang berbasis lingkungan telah memenuhi syarat-sarat pembuatan APE yang
benar yaitu :
·
Syarat edukatif
a.
APE
KERETA PINTAR disesuaikan dengan memperhatikan program kegiatan pendidikan
b.
APE
KERETA PINTAR dapat membantu mendorong aktifitas dan kreatifitas anak sesuai
dengan kemampuan dan tahap perkembangan anak.
·
Syarat teknis
a.
APE
KERETA PINTAR dirancang sesuai dengan tujuan,fungsi sarana
b.
APE
KERETA PINTAR multi guna,walaupun ditujukan untuk kebutuhan tertentu tidak
menutup kemungkinan digunakan untuk tujuan pengembangan yang lain
c.
APE
KERETA PINTAR di buat dengan menggunakan bahan yang mudah di dapat dilingkungan
sekitar,murah karena dari bahan bekas/sisa
d.
APE
KERETA PINTAR aman
e.
APE
KERETA PINTAR mudah dalam pemakaianya, menambah kesenangan anak untuk
bereksperimen dan bereksplorasi
f.
APE
KERETA PINTAR dapat digunakan secara individual,kelompok maupun klasikal.
·
Syarat Estetika
a.
APE
KERETA PINTAR Ringan sehingga mudah di
bawa anak
b.
APE
KERETA Ukuranya serasi yaitu tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil
c.
APE
KERETA PINTAR Kombinasi war nanya serasi dan menarik
- MENYIAPKAN
BAHAN,ALAT DAN PROSES PEMBUATAN APE KERETA PINTAR
Adapun bahan dan alat yang
di gunakan dalam pembuatan APE KERETA PINTAR adalah sebagai berikut :
Bahan Utama
a.
Kardus
bekas ( bisa mempergunakan kardus bekas makanan ringan,kardus pembungkus
elektronik dll )
b.
Karton
putih,kertas warna warni,malalah atau Koran bekas
|
|
Bahan Pelengkap
a.
Ranting-ranting
kering,daun daunan kering( daun pisang,kulit petai cina,)
b.
Biji-bijian(
biji petai cina yang kering,biji kedelai,biji buah karet,biji buah saga dll)
c.
Lem
kertas,lem kayu
d.
Perekat
kain
e.
Gunting,cutter,pengaris,
f.
Kartu
huruf,kartu angka,kartu orang,kartu adab dan kebiasaan baik
|
|
Adapun cara pembuatanya
sebagai berikut :
Pembuatan
latar belakang
a.
potong
kardus bekas mengunakan gunting atau cutter,dengan tinggi kardus 45 cm dan
panjang 150 cm dan bagi menjadi 5 bagian
|
|
b.
potong
karton putih seukuran dengan kardus,kemudian pilih gambar yang sesuai dengan
tema dan tempelkan
|
|
Pembuatan
lokomotif dan kereta
APE
KERETA PINTAR terdiri dari 1 lokomotif dan 4 gerbong
Adapun
cara pembuatanya adalah sebagai berikut
a.
Desain
gambar terlebih dahulu setelah selesai baru tentukan ukuran
|
|
b.
Potong
kardus sesuai dengan desain/gambar
·
Gerbong 1 dan 2
Ukuranya
: P.20cm,L.10 cm,T.16
·
Gerbong
ke 3
Ukuranya
: P.26cm,L.10cm.T.16cm
·
Gerbong
ke 4
Ukuranya
: P.35 cm,L.10 cm,T.16 cm
Ukuran
gerbong sengaja dibikin berbeda karena tiap gerbong memiliki roda berbeda.
c.
Setelah
semuanya selesai terpotong lapisi bagian luar dengan kertas warna sesuai
dengan pilihan anda,pilih warna yang semenarik mungkin.usahakan dalam
pelapisan oleskan lem yang merata agar hasil dari tempelan kertas bisa rata
dan bagus.
|
|
d.
setelah
bagian c selesai,gabungkan menjadi
satu dengan cara mengelemnya dengan lem kayu,sehingga akan berbentuk kotak
yang menyerupai gerbong kereta api.kemudian tempelkan aneka biji-bijian dan
daun daun kering ke dinding gerbong bikin semenarik mungkin.
|
|
e.
untuk
membuat rodanya bentuk bulatan-bulatan sejumlah 30 buah untuk roda bagian
luar dan bikin lagi sejumlah yang sama dengan ukuran yang lebih kecil untuk
roda bagian dalam
|
|
Pembuatan
sarana pelengkap kereta pintar
Adapun
caranya sebagai berikut :
· Pembuatan rel kereta
Potong
kardus sepanjang 160 cm dan lebar 10 cm sebanyak 2 buah.kemudian potong lagi
kardus untuk bagian dalam rel dengan ukuran P.10 cm, L.5 cm,lapisi semua
potongan tadi dengan menggunakan kertas warna warni atau bisa juga dengan
daun kering,lekatkan semuanya sehingga akan terbentuk sebuah rel kereta,setelah
itu lekatkan biji bijian di dalam setiap sela garis rel sebagai pengganti
batu-batuan.
|
|
· Lampu dan rambu lalu
lintas
Potong kardus
bentuk persegi,lalu potong bentuk satu lagi memanjang sebagai tiang
penyangga,setelah selesai lekatkan dengan lem hingga menyerupai lampu
lalulintas baru tempelkan bulatan kertas warna sesuai dengan lampu lalu
lintas
|
|
· Pohon-pohonan
Bentuk
kardus sesuai dengan bentuk daun rantin dan dahanreketkan kertas warna pada
tiap-tiap bagianya( hijau untuk daun,coklat untuk batang dan ranting) setelah
selesai rekatkan menjadi satu kesatuan sehinga menjadi sebatang pohonatau
bisa juga menggunakan pohon-poho yang ada di gambar majalah atau koran bekas.
|
|
· Penyambung gerbong
Potong kardus
kira-kira 10 cm dan lebar 5 cm sebanyak gerbong yang akan di
sambungkan,temple dengan kertas warna sesuai dengan warna gerbong,lalu potong
perekat kain dan rekatkan pada ujung-ujung potongan kardus tersebut.
|
|
BAB III
MANFAAT DAN CARA MENGGUNAKAN APE
KERETA PINTAR
A. MANFAAT APE KERETA PINTAR
Manfaat APE KERETA PINTAR
sangat membantu pertumbuhan fisik dan seluruh aspek perkembangan anak
diantaranya anak dapat belajar Enam aspek perkembangan di antaranya
Moral dan agama dapat kita
ajarkan kepada anak ketika kita mengenalkan bagian dari pada kereta yang paling
utama yaitu lokomotif,anak kita kenalkan bahwa adap naik kendaraan adalah
dengan Membaca doa,
Bahasa dapat kita kenalkan dengan
bermain mengunakan gerbong yang pertama ,anak dapat kita ajak bercerita tentang
kereta api,mengenal huruf-huruf dalam kata KERETA API
Kognitif dapat diterapkan
dengan mengunakan gerbong yang kedua,anak dapat kita ajak untuk menghitung
roda,menyebuttkan macam macam bentuk geometri,membedakan warna-warna,dan juga
menyebutkan dan membedakan ukuran benda.
Anak akan kita ajak untuk
belajar kerja sama dengan teman dan saling menghargai serta berbagi saat
bermain dengan menggunakan kereta pintar.
Anak akan kita ajak untuk
memperagakan cara Kereta berjalan untuk motorik kasarnya,dan motorik halusnya
ketika anak memindahkan dan menyusun gerbong-gerbong menjadi satu rangkaian
kereta yang utuh.
Anak akan kita ajak untuk
bermain kolase,menggambar bentuk,membedakan warna-warna dan juga bernyanyi
bersama lagu kereta api.
Selain 6 aspek Perkembangan
yang sudah disebutkan diatas tadi,ada 8 kecerdasan dasar yang juga bisa kita
dapatkan ketika kita menggunakan APE KERETA PINTAR.yaitu
- Kecerdasaan Linguistik
- Kecerdasan logika-matematika
- Kecerdasan Spasial
- Kecerdasan Kinestetis-Tubuh
- Kecerdasan musik
- Kecerdasan interpersonal
- Kecerdasan intrapersonal
- Kecerdasan Natural
B. CARA MENGGUNAKAN APE KERETA PINTAR
Kegiatan yang dilakukan
guru atau tutor diutamakan mengacu pada kemampuan yang akan dicapai dikaitkan
dengan tema yang sedang dibicarakan
Pelaksanaan pembelajaran
dengan mengunakan APE KERETA PINTAR dapat dilaksanakan untuk tema:
pekerjaan,kendaraan,rekreasi,kehidupan dikota,keluarga.
Langkah-langkah dalam
mengunakan APE KERETA PINTAR
1.
Guru
mempersiapkan alat-alat yang akan di gunakan ,dan ajak anak untuk duduk
melingkar
2.
perkenalkan
satu parsatu bagian dari rangkaian APE KERETA PINTAR kepada anak anak
3.
sebisa
mungkin libatkan anak dalam proses penyusunan agar pembelajaran tentang kerja
sama dapat terbentuk disini.
4.
setelah
semuanya terkumpul dan anak melihatnya pembelajaran bisa dimulai
“ sayang,,coba siapa diantara kalian yang
pernah naik kereta ?”
Setelah anak menjawab
tunjuk salah satu anak untuk mengambil kereta dan menyusunya.pangil lainya lagi
untuk mencoba menyusun gerbong-gerbongnya,rambu-rambu lalu
lintasnya,rel,pagar,dan perlengkapan lainya,,,sampai semuanya tersusun dengan
rapi .
Pengembangan kognitif
‘coba sayang,bunda pegang apa …..?
a…yyyooo siapa yang tau….?
Emmmm salah, ini bukan tempat
tissue,tapi ini gerbong kereta
Siapa yang tau apa bentuk gerbong
ini…?
Apa warnanya coba tebak…..?
Eem…rodanya ada berapa ya….?
Kita susun dan kaitkan gerbongnya
bareng-bareng yukkk !!!!!!
Siapa
yang mau Bantu bunda…..?
Dalam pengembangan Kognitif
ini anak akan mengenal bentuk geometri missal : Persegi,lingkaran dll
Pengembangan
ketelitian, dan motorik halus
“wah….ternyata
anak-anak bunda jempol semua ya….?
Tadi
bener semua lho menjawabnya …… kalo sekarang ada tidak yang mau membantu bunda
menyusun gerbong-gerbong ini,
Ayo…..susun
berdasarkan angka dan jumlah rodanya ya sayang…..jangan lupa kaitkan perekat
gerbongnya biar bisa jalan beriringan
ü Dalam pengembangan
Ketelitian,anak belajar dari cara menyusun gerbong,teliti atau tidaknya anak
mengurutkan angka yang tergambar dari jumlahnya roda sehingga guru akan dapat
menyimpulkan dari apa yang sedang dilakukan anak
ü Sedangkan pengembangan
Motorik Halusnya adalah ketika anak memindahkan gerbong-gerbong dan
mengaitkanya antara satu dengan yang lainya
Pengembangan aspek seni,daya
fantasi,bahasa,moral dan budi pekerti
Wah bagus juga ya sayang, keretanya
…..bunda jadi pingin naik kereta nich…..
Kalau anak-anak siapa yang pernah naik
kereta…..?
Wah ternyata aldo sudah pernah…. Coba
yuk sekarang aldo maju kedepan dan ceritakan sayang dimana aldo naik kereta…..?
Wah…….asyik bener ya sayang kisahnya
aldo tadi……
Kalau aldo sudah pernah naik
kereta….sekarang siapa yang tau bagaimana bunyi kereta……..!!!!!!
Pinter…….bunyi kereta itu
tut.tuuuuut,,,,,tuuuuuttttttt…..
Kita
menyanyi lagu NAIK KERETA API yuk…….sambil berdiri dan berjalan beriringan
menirukan jalanya kereta api
Wah
udah sampai nih di gerbongnya,,,,,kalau sudah sampai dengan selamat kita musi
bersyukur dengan mengucap alhamdulilah….
(tutor
boleh mengembangkan sendiri naskah atau alur pembelajaran sesuai dengan jumlah
dan karakter usia anak didiknya masing-masing)
ü Dalam pengembangan aspek
Seni anak belajar mengenal warna,membedakan bunyi atau suara dan menyanyi
sesuai dengan tema
ü Dalam pengembangan daya fantasi
anak akan dapat membayangkan bentuk kereta yang sebenarnya dengan membandingkan
dengan APE yang sedang diperagakan
ü Dalam pengembangan
Bahasa,anak akan belajar mengenai kajadian yang sudah di alaminya dan
menceritakanya kepada teman temanya
ü Dalam pengembangan
Moral,Agama dan budi pekerti anak akan belajar bagaimana Adap naik kendaraan
dengan membaca Doa,mengucapkan salam dan juga terima kasih
Selain
dari Beberapa manfaat yang telah tertulis diatas tiap-tiap gerbong juga
mempunyai fungsi pembelajaran masing masing sehingga dapat saya katakana sebagai
“KERETA PINTAR” atau GERBONG AJAIB
·
BAGIAN KEPALA KERETA ATAU
LOKOMOTIF
Dalam loko ini,Anak akan
menemukan Kartu Anak Terpuji.yang berisi macam macam sifat dan perbuatan anak
yang terpuji
( Pembelajaran Moral,Agama
dan Budi Pekerti )
·
GERBONG PERTAMA
Pada
gerbong ini Anak akan menemukan kartu Huruf dari a-z yang sengaja diciptakan
dengan warna-warna yang menarik minat anak untuk belajar
(
Pembelajaran Bahasa )
·
GERBONG KE-DUA
Dalam
Gerbong ke-dua ini Guru memasukkan kartu Angka dari 1-10 dengan menempelkanya
pada bentuk-bentuk geometri seperti kotak,segitiga,dan lingkaran dan juga
dengan warna-warna yang menarik.
(
Pembelajaran Kognitif )
·
GERBONG KE-TIGA
Dalam
Gerbong Ke-Tiga Guru memasukkan Berbagai macam Alat Tranportasi yang diambil
dari gambar di majalah,Koran dll
·
GERBONG KE-EMPAT
Dalam
Gerbong ke-empat guru memasukkan berbagai macam nama-nama Pengendara kendaraan
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Pembelajaran
kesadaran lingkungan dan pemanfaatan sumber daya alam sekitar sebagai media
untuk pembuatan APE sangat baik untuk dikembangkan kesungguhan hati dan imajinasi guru dalam
menciptakan APE dengan menggunakan bahan yang ada di lingkungan sekitar anak
sangat diperlukan sehingga keterbatasa
dana tidak lagi menjadi kendala dalam berkarya cipta.
Dalam
pembuatan APE KERETA PINTAR berbasis lingkungan harus memperhatikan 6 aspek
perkembangan anak yang meliputi,moral dan nilai agama,koknitif,bahasa,fisik
motorik,social emosional,dan seni.
Selain
itu pembuatan APE berbasis lingkungan mendukung kegiatan di sentra bahan alam
bertujuan mengenalkan dan menumbuhkan kepekaan anak bahwa bahan-bahan alam
dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan yang mendukung kegiatan eksperimen dan eksplorasi
yang menyenangkan bagi anak,
Pembelajaran
dengan mengunakan APE KERETA PINTAR yang menyenangkan dan menarik,akan membuat
anak merasa gembira saat beraktifitas fisik sesuai dengan motto PAUD
“SEHAT,CERDAS,CERIA BERAKHLAK MULIA “
B. SARAN
1.
Dengan
adanya pembuatan media pembelajaran APE KERETA PINTAR yang berbasis lingkungan
diharapkan tenaga pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat
memanfaatkan potensi local yang ada
2.
Dengan
kreatifitas seni yang dimiliki para tenaga pendidik diharapkan dapat menemukan
ide-ide kreatif lainya untuk membuat media pembelajaran bagi anak usia dini.
PENUTUP
Demikian karya tulis ini
penulis buat sebagai komponen dalam mengikuti lomba pembuatan media
pembelajaran berbasis lingkungan untuk anak usia dini.
Sebagai penutup kata kami
ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik moril maupun
materiil,semoga Allah SWT memberikan balasanya.
Bandar
Lampung……juni 2001
Penulis
ARI
KUSWANTO A.Ma
DAFTAR
PUSTAKA
--------(1998). Materi
Pendidikan Lingkungan Hidup,dasar,strategi dan metoda pembelajaran
buku bacaan 1,2 dan 3, Hanns Seidel Foundation,Jakarta.
--------(2003). Pembuata
dan Penggunaan APE.Jakarta : Direktorat PAUD Dirjen PLSP
Modul Pembelajaran Kesadaran
Lingkungan Pada Anak Usia Dini .Pelatian TENDIK dan C D W Propinsi Lampung 2008
Modul Orientasi APE PAUD
NON FORMAL 2011
KATA
PENGANTAR
Kehidupan anak selalu dekat
dengan dunia bermain sejak bangun tidur sampai tidur kembali anak hanya ingin
bermain,melalui bermain aanak akan belajar mengenai kehidupan daan mendapatkan
pengalaman yang membawa kesan menyenangkan bagi anak
Karena itu kegiatan bermain
anak perlu difasilitasi oleh orang tua an pendidik di sekolah untuk mendukung
agar anak menjadi aktif dan kreatif.pembelajaran paada anak usia dini adalah
pondasi pendidikan bagi anak yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak
,oleh karena itu perlu adanya proses pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.
Untuk itu penulis berusaha
menyajikan pembelajaran kesadaran lingkungan bagi anak usia dini dengan
menggunakan limbah-limbah yang ada disekitar lingkungan anak yang akan
dijadikan sebagai media pembelajaran.
Bandar
lampung, Mei 2011
Penulis
Ari
kuswanto A.Ma